Tuesday 15 November 2011

Hewan Qurban terkena Cacing Hati - Miris nya punya Pejabat



Bandung - Lima dari tujuh ekor sapi kurban yang disembelih di Masjid Raya Jabar atau Masjid Agung mengandung cacing hati. Dua ekor kambing pun kedapatan cacing di hatinya.

Hal itu diungkapkan Pelaksana Pengawasan dan Pemeriksaan Mutu Hasil Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung Bambang Heryanto saat dihubungi melalui telepon, Minggu (6/11/2011).

"Dari lima ekor sapi dan dua kambing, total hati yang dibuang seberat 12,5 kilogram," ujarnya. Di Masjid Agung disembelih tujuh ekor sapi dan empat ekor kambing.

Menurutnya hati sapi dan kambing yang mengandung cacing itu dikubur. Sebelumnya disiram dengan minyak tanah. "Itu biar tidak ditemukan oleh orang dan dikonsumsi," jelas Bambang.

Meski hati ketujuh ekor hewan kurban itu mengandung cacing, namun menurut Bambang bagian tubuh lainnya layak dikonsumsi. "Ya kalau daging dan bagian lainnya tetap bisa dikonsumsi," tuturnya.

Sementara untuk penyembelihan hewan kurban di tempat lainnya, Bambang mengaku belum mendapatkan laporan. "Paling besok sudah ada laporan. Ini karena kebetulan saja saya yang memeriksa di Masjid Agung. Ya kalau ingin hasil keseluruhan tunggu tiga hari lagi," katanya.

No comments:

Post a Comment