Sunday 13 October 2013

Sepenggal Cerita Sepatah Kata ~

Dalam tulisan kali ini akan membahas mengenai biografi saya, masa kecil saya hingga sekarang.
Nama saya Dibba Hadi Saputra lahir pada 11 November 1989 di Balikpapan, Kalimantan Timur. Saya laki – laki dan merupakan anak ke-2 dari tiga bersaudara. Kakak saya bernama Dommara Hadi Saputra, dia bekerja menjadi Reviewer di bidang IT; sedangkan adik saya bernama Derra Inayah Avia Rizki yang sekarang sedang bersekolah di Global Mandiri kelas 3 SMP. Ayah saya bernama Suhadi Hasan dan ibu saya bernama Sri Martini. Ayah saya berasal dari Riau sedangkan ibu dari Solo, setelah menikah mereka memutuskan untuk pindah ke Balikpapan dikarenakan ayah bekerja di salah satu perusahaan minyak swasta. Setelah ayah pensiun, ayah mencoba untuk membuat usaha sekaligus menyalurkan hobi ibu saya; mereka berdua memutuskan membuka rumah makan.

Saya tumbuh dan besar di Balikpapan, kota pinggir pantai yang cukup panas namun memiliki hidangan laut yang beraneka ragam. Di Balikpapan pula lah saya mengenyam beberapa tingkat pendidikan, semasa kecil saya bersekolah di TK Tadika Puri. Semasa SD hingga SMP saya bersekolah di SMP Nasional KPS Balikpapan, sekolah swasta yang diperuntukkan bagi siswa siswi yang orang tuanya bekerja di perusahaan minyak swasta (pada masa itu Unocal76, Total, Vico). Saya mengenyam pendidikan SD hingga SMP selama 9 tahun di Balikpapan, tanpa adanya tinggal kelas. Pada saat kelulusan SMP ternyata ayah saya memutuskan agar kami sekeluarga pindah ke Jakarta karena permintaan dari perusahaan tempat ayah saya bekerja, selain itu ayah saya ingin agar dekat dengan kakak saya yang pada saat itu sudah kuliah di universitas swasta di kawasan Jakarta Barat. Sejak awal saya tidak ingi untuk pindah ke Jakarta, karena pada saat itu saya sudah sangat mencintai kota Balikpapan dan dibenak saya Jakarta adalah kota yang penuh dengan kekerasan dan kejahatan. Begitu banyak tawuran, demo, dan kejahatan – kejahatan lainnya yang saya liat di berita TV, sehingga semakin membuat saya tidak ingin untuk pindah dan meninggalkan Balikpapan. Namun keputusan ayah saya sudah bulat dan akhirnya kami sekeluarga pindah ke Jakarta pada tahun 2005.

Ternyata tidak seperti yang saya kira, kami tinggal di jakarta namun lebih kepinggiran nya; yaitu wilayah Cibubur. Ayah membeli rumah disalah satu perumahan di wilayah Cibubur. Rumah kami yang baru tidak begitu besar, bahkan lebih kecil daripada rumah kami di Balikpapan; namun saya tidak mempermasalahkan ukuran rumah ataupun fasilitas dirumah baru kami. Yang jadi permasalahan adalah lingkungan baru yang kami tempati, rumah baru saya berada di sebuah komplek perumahan dan jauh berbeda dengan yang berada di Balikpapan. Pada saat di Balikpapan saya yang terbiasa mendengar deru mesin motor dan mobil  melewati depan rumah kami, suara tetangga – tetangga mengobrol di toko depan, tetangga yang ramai, dan suara anak kecil bermain; sekarang dihadapi dengan kesunyian. Bahkan saya tidak memiliki teman seumuran, lingkungan ini begitu asing bagi saya.

Mengingat saya sudah lulus SMP dan akan melanjutkan jenjang SMA, maka saya dan ayah mencari sekolah mana yang akan saya masuki nantinya. Ayah saya tidak ingin saya masuk ke sekolah negeri, karena beliau beralasan sekolah negeri identik dengan tawuran dan senioritas dan bersikeras agar saya masuk sekolah swasta. Pada kenyataan nya sekolah swasta yang memiliki jenjang SMA pada waktu itu hanya ada dua, yaitu : SMA Kristen Ketapang yang berada di perumahan saya, dan SMA Islam Fajar Hidayah yang berada di perumahan lain. Akhirnya saya memilih untuk bersekolah di SMA Islam Fajar Hidayah. Di SMA Fajar Hidayah saya merupakan siswa di jurusan IPA dan lulus pada tahun 2008. Awalnya saya berkuliah di salah satu kampus di wilayah Jakarta Barat, namun pada tahun ke 3 saya memutuskan keluar dan pindah ke Universitas Gunadarma mengambil jenjang S1 Manajemen; sekarang saya sedang “menikmati” masa – masa semester 5 saya.

Saya memiliki hobi fotografi, kecintaan saya pada fotografi sangatlah besar; saya berkeinginan setelah lulus kuliah untuk membuka jasa dokumentasi. Saat ini saya sedang menjadi fotografer freelance bersama teman saya ChuanShan Photography . Hobi saya lainnya adalah berselancar di dunia maya, entah itu bermain game atau membaca forum untuk menambah pengetahuan saya dibidang fotografi. Untuk target kedepannya saya ingin lulus cepat waktu dan bekerja agar meringankan beban orang tua saya.

Saat ini saya sedang sibuk – sibuknya dengan banyak kegiatan; tugas kuliah, belajar fotografi, desain, serta mencintai seseorang wanita berinisial NDK. Sekian biografi singkat saya yang berantakan, mungkin apabila saya ada waktu saya ingin menulis lagi pengalaman hidup saya di blog ini dalam format cerpen yang dibumbui dengan humor agar lebih “renyah” dibaca.

Terima kasih  ~

No comments:

Post a Comment